Wisata Alam

Air Terjun Toroan

Satu-satunya air terjun yang berada di pulau Madura. Air terjun setinggi + 10 meter ini berasal dari sumber Sungai Kol Pajung dan bermuara langsung di laut jawa ini terletak di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang – Kabupaten Sampang. Hal inilah yang menjanjikan air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Dengan lokasi tepat berada di pinggir jalan akses nasional Bangkalan-Sumenep sisi pantai utara pulau Madura dan berjarak + 47 km dari pusat Kota Sampang, sangat mudah dijangkau oleh para pengunjung.

Dukungan panorama alami laut jawa dan posisi air terjun saat matahari tenggelam (sunset), serta nikmatnya kuliner ikan bakar khas Toroan sangat direkomendasikan bagi para pencari spot fotografi serta para pecinta kuliner untuk datang berkunjung.

 

Pantai Camplong

Letak yang strategis di akses jalan nasional Bangkalan – Sumenep sisi selatan, tepat berada di desa Dharma Camplong + 9 km dari pusat kota, suasana pantai yang  nyaman didukung dengan hunian hotel tepi pantai menjadikan pantai Camplong satu-satunya tempat beristirahat dengan suasana resort di Madura. Disamping beristirahat pengunjung bisa menikmati kuliner rujak Madura dengan saus kacang beraroma petis ikan yang gurih serta segarnya jambu air di Camplong yang segar.

 

Pantai Lon Malang

Pantai yang berada di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang ini merupakan Pantai yang terbilang baru. Suasana pantai dengan pasir putih yang nyaman untuk dipandang membuat pantai ini menjadi pantai andalan di sisi utara Kabupaten Sampang. Tidak hanya pasirnya yang putih, akan tetapi sarana dan prasarana juga sudah mencukupi. Wisatawan juga bisa merasakan mengendarai ATV di sepanjang pantai lonmalang.

 

Goa Lebar

Berada pada ketinggian 200m diatas permukaan air laut  berada di pusat kota Sampang, diyakini sebagai tempat petilasan Pangeran Trunojoyo dalam satu goa dimana terdapat tempat pertapaan dan ibadah. Merupakan tempat yang paling indah untuk melihat view kota Sampang di malam hari.

 

Hutan Kera Nepa

Obyek wisata Hutan Kera Nepa terletak di desa Batioh Kecamatan Banyuates, pesisir utara pulau Madura dan berjarak +50 km dari pusat kota Sampang. Hutan seluas 9 Ha ini dikelilingi oleh sungai  air tawar yang bermuara langsung ke laut, merupakan gabungan pemandangan eksotis yang luar biasa. Dengan perahu para nelayan wisatawan dapat berkeliling hutan mangrove tepian sungai hingga ke pantai untuk menikmati keindahan pemandangan hutan dan pesisir laut yang menawan sebelum masuk area hutan dan memberi makan kera-kera jinak pemakan jagung, terkait dengan legenda “Raden Segoro” kera di hutan kera nepa terkenal berperilaku unik, ada dua kelompok koloni kera yang tidak bisa berbaur karena adanya batas perjanjian wilayah yang tidak boleh dilanggar oleh masing-masing koloni.

 

Wisata Pulau Mandangin

Dapat ditempuh selama kurang lebih 90 menit dari pelabuhan tradisional Tanglok, Gili Mandangin juga dikenal sebagia Pulau Kambing disebabkan banyaknya populasi kambing yang mendiami pulau ini, indahnya pulau seluas 1 x 2 km dengan populasi penduduk sebanyak 18.000 jiwa serta dengan kekyaan potensi baharinya akhir-akhir ini telah menjadi daya tarik utama untuk kegiatan wisata volunteer.