beritagallery

Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata Agro “Jambu Air Camplong”

SAMPANG Camplong – Sebanyak 50 Peserta dari berbagai penjuru Kabupaten Sampang mengikuti rangkaian sertifikasi uji kompetensi kepemanduan wisata agro di Hotel Wisata Camplong (14/02).
Sertifikasi bagi peserta pemandu wisata agro difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nasional yang bekerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan AWAI (Asosiasi Wisata Agro Indonesia).

Melalui fasilitasi sertifikasi uji kompetensi ini, Ketua Umum AWAI Joko Sudibyo berharap kesiapan ketenagakerjaan pariwisata di Sampang terutama wisata agro Petik Jambu Camplong dapat meningkat kualitasnya dalam menghadapi daya saing yang tinggi. Daya saing tersebut harus dilakukan dengan kerjasama yang baik antara dunia usaha, pekerja, dan pemerintah.

“Sertifikasi kompetensi ini yang nanti menjadi pengakuan terhadap tenaga kerja yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan. Sehingga dapat dipastikan tenaga kerja tersebut terjamin kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” bebernya dihadapan puluhan guide.

Dalam uji kompetensi dipilih 5 asesor untuk menguji 50 pemandu wisata. Peserta sertifikasi diuji menggunakan 3 metode yakni tes tulis, wawancara, dan demonstrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *