beritagalleryUncategorized

Raki Sampang Tembus 10 Besar Raka Raki Jatim 2019

Membanggakan, Kata itu pas untuk disematkan kepada Raki Kabupaten Sampang Choirunnisak dengan prestasi masuk 10 besar dalam ajang Malam Grand final Raka Raki Jatim 2019. Kabupaten Sampang sejatinya mengirimkan sepasang Raka Widi Arif Budiman dan Raki Choirunnisak untuk bersaing dengan 37 pasangan perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Dalam kegiatan yang digelar di Graha Wilwatikta UPT Pengembangan Lembaga Seni dan Ekonomi Kreatif Pandaan, Pasuruan, pada Sabtu (16/03/2019) malam tersebut tampak hadir Wakil Bupati (Wabup) Sampang H Abdullah Hidayat yang mewakili Bupati Sampang H Slamet Junaidi karena berhalangan hadir.

Raka Raki Jawa Timur 2019 itu berlangsung cukup meriah. Sebanyak 37 pasang perwakilan dari seluruh kabupaten/kota, berhasil tampil menarik serta cakap menjawab pertanyaan dari dewan juri, termasuk perwakilan dari Kabupaten Sampang. Selama proses seleksi duta wisata dari 37 Kabupaten/Kota di Jawa Timur tersebut dipilih peringkat 10 besar, salah satunya yang masuk Raki dari Kabupaten Sampang.

Meskipun Raki Choirunnisak hanya sebatas masuk seleksi 10 besar, dan belum bisa menembus 5 besar. Tetapi prestasi itu tersebut sudah cukup membanggakan bagi Kabupaten Sampang. Tak hanya itu, pasangan Raka Raki Kabupaten Sampang juga membanggakan dalam presentasi vlog yang dibawakannya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Drs Aji Waluyo, M.Si menjelaskan jika setelah melalui proses dari seleksi sederhana tingkat Kabupaten Sampang hingga proses persiapan pembekalan calon Raka Raki pada tahun 2018 lalu. Kabupaten Sampang turut andil dengan mengirimkan wakil duta wisata daerahnya dalam ajang pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2019 yang diwakili oleh Raka Widi Arif Budiman mahasiswa D3 pariwisata Universitas Airlangga Surabaya, dan Choirunnisak mahasiswi pertanian Universitas Brawijaya Malang.

“Kami bangga atas prestasi yang sudah diraih oleh Raki kami dengan masuk 10 besar. Tentunya sangat luar biasa Kacong Cebhing Sampang ini meskipun belum bisa terpilih menjadi Raka Raki Jawa Timur 2019. Kami tetap mempunyai harapan besar ke depannya untuk mampu membawa nama baik Kabupaten Sampang dalam kiprah kepariwisataan Jawa Timur. Dalam presentasinya, Raka Widi memaparkan inovasi untuk mengatasi penambang pasir liar di kawasan air terjun Toroan, dan juga menjadi operator wisata. Sedangkan Cebhing Nisak lewat vlognya sangat antusias sekali menggalakkan gerakan minum jamu tradisional Indonesia, khususnya ramuan Madura yang ada di Kabupaten Sampang,” jelasnya, Selasa (19/03/2019).

Sementara itu, Wabup Sampang H Abdullah Hidayat kepada Pojok Kiri mengungkapkan jika apa yang telah dilakukan Raka Raki Kabupaten Sampang memang membanggakan saat tampil diatas panggung. Salah satunya seperti Raki Choirunnisak berani menjawab pertanyaan juri terlebih dahulu diantara Raki yang lainnya dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik.

“Harapan kami untuk Raka Raki Kabupaten Sampang ke depannya jangan berkecil hati, karena masih banyak harapan melalui jalur yang lainnya untuk memperkenalkan dan memajukan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sampang. Juga bagi alumni Raka Raki Kabupaten Sampang kami harapkan agar tetap aktif untuk memberikan pembinaan terhadap generasi penerusnya. Sebab, alumni itu bisa menjadi kontrol dan pembinaan bagi adik-adik penerusnya nanti,” pungkas mantan Ketua AKD Kabupaten Sampang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *